Saturday, November 12, 2011

Usai Komodo resmi menjadi salah satu keajaiban dunia, tim Pendukung Pemenangan Komodo (P2K) dipastikan bubar pada Januari 2012. Tongkat estafet pengembangan Pulau Komodo sebagai destinasi wisata selanjutnya akan dipegang pemerintah daerah dan Taman Nasional Pulau Komodo.
Demikian disampaikan Ketua P2K, Emmy Hafild, Sabtu (12/11/2011), dalam jumpa pers di gedung Energy, Jakarta. "Kami ini sebagai penyulutnya saja agar Komodo yang asli Indonesia ini dikenal dunia. Setelah Komodo resmi dinobatkan sebagai keajaiban dunia, P2K akan bubar bulan Januari 2012," ujarnya.
Ia melanjutkan, pihak pemerintah daerah dan Taman Nasional Pulau Komodo yang perlu melanjutkan pengembangan wisata di pulau itu diiringi dengan upaya konservasi yang baik.
"Itu sudah menjadi tugas pemda dan Taman Nasional. Kami (tim P2K) akan kembali ke pekerjaan semula, seperti saya akan kembali jadi aktivis dan mengawasi konservasi di sana," kata perempuan yang juga menjadi Direktur Walhi ini.
Menurut Emmy, kesalahan pemerintah daerah dalam mengembangkan Pulau Komodo adalah tidak pernah menggabungkan konservasi dengan pembangunan.
"Selama ini orang bilang konservasi hanya buang duit saja dan selalu bertentangan dengan pembangunan. Padahal, dengan konservasi itulah kita membangun," papar Emmy.
Ia berharap dengan masuknya Komodo sebagai tujuh keajaiban dunia, bisa mendatangkan investor baru di Nusa Tenggara Timur. Dengan banyaknya investasi yang datang, Emmy memprediksi masyarakat sekitar juga akan menerima keuntungannya.

No comments:

Post a Comment